Cara Menggambar Anime dan Manga Jepang Untuk Pemula

8 min read

Cara Menggambar Anime dan Manga Jepang

Anime atau manga sudah sangat berkempang pesat pada saat ini, Banyak dari mereka berkhayal untuk bisa membuat karakter manga atau anime sendiri. Dan banyak juga yang mempertanyakan “Bagaimana sih cara menggambar anime?”.

Tenang, mungkin anda masih sedikit ragu dan bisa membuatnya dengan baik.

Kuncinya adalah hanya satu, belajar, meniru, dan mengoreksi apa kesalahanmu. Santai aja kok, memang untuk awalan gambar kamu tidak akan bagus.

Tak dipungkiri juga bahwa cara menggambar anime dan manga memiliki ciri khas tersendiri yang bisa dibilang sering dipakai banyak orang.

Inilah beberapa daftar cara menggambar anime dengan baik dan benar.

Cara Menggambar Anime Langkah Demi Langkah

Cara Menggambar Anime Bagi Pemula

Pada bagian tutorial ini, kalian akan disuguhi beberapa cara menggambar dengan fokus pada gaya anime dan manga. Tips yang diberikan akan membuat kamu dengan gaya yang benar dan beberapa latihan yang sangat ramah terhadap pemula.

1. Gambar Garis Tengah Terang Terlebih Dahulu

1. Gambar Garis Tengah Terang Terlebih Dahulu
scr : animeoutline.com

Langkah awal adalah dengan menggunakan garis terang terlebih dahulu, lalu telusuri garis yang lebih gelap. Santai saja saat menekan pensil dan jangan terlalu kuat.

Gunakan garis-garis tipis terlebih dahulu agar jika anda melakukan kesalahan akan lebih mudah dihapus. Dan buat lagi garis tipis agar lebih rapi.

Jika anda masih merasa khawatir jika gambar anda salah, cobalah menggambar garis secara sedikit demi sedikit.

Itu dilakukan karena jika anda melakukan kesalahan pada garis pertama, anda bisa meneruskannya dengan menambah garis lainnya, sampai anda mendapatkan gambar yang sesuai.

2. Gunakan Panduan / Garis Konstruksi

2. Gunakan Panduan atau Garis Konstruksi
scr : animeoutline.com

Gunakan garis bantu untuk membantumu agar lebih mudah dalam hal menggambar. Hal tersebut bisa dipakai jika anda sedang menggambar kepala / wajah agar lebih simetris.

Gambar garis horizontal terlebih dahulu di tempat anda ingin menggambar wajah. Garis ini bisa membuat anda mendapatkan wajah kiri dan kanan yang sama.

Anda juga bisa membuat garis horizontal lagi ( atau beberapa garis ), ini dipergunakan untuk membuat kedua mata dan kedua telinga agar simetris.

3. Konsep Gambar dan Buat dari Lebih Besar ke Lebih Kecil

3. Konsep Gambar dan Buat dari Lebih Besar ke Lebih Kecil
scr : animeoutline.com

Langkah selanjutnya adalah dengan cara membuat konsep gambar, dari contoh ini menggunakan perempuan.

Dari keseringannya, karakter anime atau manga memiliki kepala yang lebih besar dari badannya. Oleh sebab itu pada contoh gambar menampilkan gadis dengan tinggi 6 1/2 kepala.

Mulailah dengan cara membentuk gambar dari yang paling besar. Bisa dimulai dari kepala dan terus turun ke bawah sampai ke seluruh tubuh.

Kesampingkan menggambar yang lebih detail seperti mata, telinga, dll karena lebih mudah jika anda menggambar bentuk seluruh tubuh.

4. Pertahankan Bagian yang Berbeda dalam Tahapan Penyelesaian yang Sama

4. Pertahankan Bagian yang Berbeda dalam Tahapan Penyelesaian yang Sama
scr : animeoutline.com

Selanjutnya, pertahankan eksistensi menggambar anda dari objek satu dengan objek lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.

misalnya ialah mata, maka gamabral bentuk luar setiap mata dan kemudian gambar bentuk setiap Idris.

Dengan cara seperti ini anda akan lebih mudah untuk memperhatikan jika yang pertama anda gamabr tidak sama dengan satunya.

5. Menggambar Bagian yang Tersembunyi

 

5. Menggambar Bagian yang Tersembunyi
scr : animeoutline.com

Untuk pada cara ini, saya menganggap hal ini menjadi opsional. Karena beberapa anime atau manga juga tetap menampilkan mata walaupun sudah terhalang oleh rambut.

Contohnya telinga, alangkah baiknya anda menggambar telinga terlebih dahulu walaupun tertutup rambut, kita bisa mengetahui memperkirakan volume yang dibutuhkan rambut untuk menutupinya.

Yang lainnya adalah mata, sebaiknya gamabr kedua mata, lalu tambahkan rambut djika memiliki poni yang sangat panjang, ini dilakukan untuk dapat membuat mata anda singkron.

6. Lakukan Latihan Menggambar

6. Lakukan Latihan Menggambar
scr : animeoutline.com

Untuk langkah ini, memang sangatlah penting. jangan mudah menyerah intinya dalam menggambar karakter anime dan manga.

Hal ini bisa anda lakukan dengan teratur menggambar geometris dasar sederhana. berlatih dan tekun membuat garis lurus, lengkung, bentuk dasar (persegi, lingkaran, segitiga), dan gambar campuran

Walaupun latian-latian seperti ini seperti tidak membantu sama sekali, ini bisa membuat tangan anda lebih stabil dan membuat anda menghindari kesalahan umum.

Latihan ini bisa membuat anda lebih menguasai dalam menggambar bentuk wajah atau tubuh yang simetris

7. Pelajari Lebih Mendalam Gaya Anime

7. Pelajari Lebih Mendalam Gaya Anime
scr : animeoutline.com

Untuk membuat sesuatu, lebih baiknya anda melihat hal tersebut juga. Misalnya menggambar anime, anda lebih baik memperhatikan secara seksama karakter tersebut.

8. Periksa Kesalahan

8. Periksa Kesalahan
scr : animeoutline.com

Kekalahan bukanlah berarti semuanya sudah berakhir, tapi menyerah membuat semua itu berakhir

Selalu periksa apa kesalahan anda, dan perbaikan, semua itu bisa anda cek dengan mudah dengan cara balikin gambar anda atau dekatkan pada cermin.

Itu akan membuat anda mendapatkan “perspektif” baru sehingga lebih mudah mengidentifikasinya.

Itulah cara menggambar anime dan manga bagi pemula.

Cara Menggambar Rambut Anime & Manga (Pria & Wanita)

Pada tutorial ini menjelaskan tentang dasar pembuatan berbagai jenis rambut anime dan manga pada pria dan wanita.

1. Bentuk Kepala & Rambut

Sebelum menggambar rambut, alangkah baiknya anda memahami dahulu tentang bentuk kepala dan garis rambut. Akan lebih bagus jika anda menggambar kepala terlebih dahulu sebelum anda menggambar bagian rambut.

Sebenarnya bentuk kepala dari anime dan manga biasanya mirip dengan kepala asli, tapi juga bisa saja dapat bervariasi tergantung dari gayanya.

Dilihat dari samping kepala dapat digambar dalam bentuk agak lonjong. Dari depan, bagian atas kepala bisa kamu gamabr hampir setengah lingkaran.

2. Arah Pertumbuhan Rambut

2. Arah Pertumbuhan Rambut
scr : animeoutline.com

pada menggambar rambut anime, sebaiknya anda juga memiliki gagasan bahwa rambut anime juga tentang bagaimana rambut pada aslinya tumbuh.

Pada bagian contoh gambarnya laki-laki tapi hal ini juga berlaku untuk kepala perempuan juga. Rambut biasanya dimulai secara spiral dari bagian atas / belakang dan tumbuh ke arah berikut :

  • rambut atas – tumbuh terutama ke depan
  • rambut belakang – tumbuh terutama ke bawah
  • rambut samping – tumbuh terutama ke bawah

3. Menggambar Rambut Anime Pendek

3. Menggambar Rambut Anime Pendek
scr : animeoutline.com

pada pembuatan rambut anime dan manga biasanya ditarik pada gumpalan rambut asli saat basah.

Gambarkan beberapa macam gumpalan pada rambut yang mengarah pada ke satu sama lain dan yang lainnya menjauh dengan satu sama lain untuk membuat tampilan lebih alami.

4. Menggambar Rambut Anime Panjang Sedang / Panjang

4. Menggambar Rambut Anime Panjang Sedang atau Panjang
scr : animeoutline.com

Pada cara menggambar bagian rambut sedang dan panjang hampir sama dengan menggambar saat rambut pendek.

Perbedaannya terletak pada rumpun rambut yang lebih besar. Dan memiliki bagian akhir bisa anda gambarkan terpisah dari rambut samping dan belakang.

5. Menggambar Rambut Anime Disisir

5. Menggambar Rambut Anime Disisir
scr : animeoutline.com

Saat rambut disisir atau ditarik kebelakang maka garis rambut akan terlihat. nah dari sini bisa anda tahu, bahwa mengetahui bentuk dasar garis rambut sangatlah penting.

pada saat menggambar garis pada rambut, sebaiknya anda menambahkan beberapa garis bergerigi untuk memberikan tampilan lebih alami layaknya rambut alami.

6. Menggambar Rambut Anime yang Dipangkas / Disisir rapi

6. Menggambar Rambut Anime yang Dipangkas atau Disisir rapi
scr : animeoutline.com

Contoh pada rambut ini adalah gaya rambut “hime cut” yang biasanya terlihat mirip dengan helm. Agar terlihat sedikit alami, tarik beberapa belahan pada bagian ujung rambut misalnya bagian belakang yang menyempit dan tarik ke atas.

7. Menggambar Kuncir Anime

7. Menggambar Kuncir Anime
scr : animeoutline.com

Untuk menggambar gaya kuncir, buatlah beberapa garis di sekitar kunciran agar menunjukkan bahwa rambut di sekitarnya ditarik ke arah kuncir.

Anda juga bisa menambahkan garis perpisahan di rambut, contohnya pada bagian belakang yang ditarik ke arah yang berbeda.

8. Menggambar Rambut Anime Keriting

8. Menggambar Rambut Anime Keriting
scr : animeoutline.com

Pada gambar rambut keriting bisa anda buat seperti pegas. Pada rambut keriting yang lebih pendek sering kali cenderung digambar sama seperti rambut biasa atau bisa digambar beberapa lekukan tipis.

Cara Menggambar Kepala dan Wajah Anime

Tutorial menggambar anime selanjutnya adalah menggambar kepala dan wajah dalam gaya yang berbeda.

1. Kepala & Wajah Anime Standar

1. Kepala & Wajah Anime Standar
scr : animeoutline.com

Gaya ini merupakan gaya yang umumnya digunakan pada anime atau manga. pada gaya ini memiliki kemiripan proporsi kepala dan tubuh yang cukup dekat dengan orang sungguhan.

Gaya bukanlah satu-satu hal mempengaruhi bentuk dan ukuran pada kepala anime, melainkan usia pada karakter tersebut juga penting.

Contohnya pada karakter anak yang lebih cenderung memiliki wajah bulat dan kepala lebih besar dibandingkan bagian tubuh lainnya.

2. Kepala & Wajah Anime Bergaya

2. Kepala & Wajah Anime Bergaya
scr : animeoutline.com

Pada karakter anime yang lebih bergaya cenderung memiliki mata lebih besar dan dagu yang lebih bulat. Karakter bergaya juga cenderung memiliki kepala yang lebih besar dibandingkan dengan tubuh lainnya daripada orang sungguhan.

3. Kepala & Wajah Chibi Anime

3. Kepala & Wajah Chibi Anime
scr : animeoutline.com

Nah untuk yang begaya chibi memiliki cenderung wajah yangs angat lebar. Dagu yang bulat dan mata yang besar sedangkan hidung yang biasanya hilang.

Jenis ini juga biasanya memiliki kepala yang lebih besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

4. Perbandingan Berbagai Gaya Kepala Anime

4. Perbandingan Berbagai Gaya Kepala Anime
scr : animeoutline.com

pada contoh gambar bisa anda lihat berbagai macam gaya pada kepala anime. Wajah yang lebih bergaya biasanya digambar lebih besar dan mempunyai dagu yang lebih bulat.

5. Perbandingan Berbagai Gaya Fitur Wajah Anime

5. Perbandingan Berbagai Gaya Fitur Wajah Anime
scr : animeoutline.com

Pada fitur wajah akan cenderung berubah berdasarkan gayanya.

6. Menempatkan Fitur Wajah Anime untuk Gaya yang Lebih Alami dan Realistis

6. Menempatkan Fitur Wajah Anime untuk Gaya yang Lebih Alami dan Realistis
scr : animeoutline.com

Hal pertama gambar kepalanya dahulu, gambar garis vertikal dari tengah kepala untuk membantu anda biar lebih simetris.

Gambarkan garis horizontal di kepalanya dan gambar mata pada bawah garis horizontanya.

Gambar hidung pada tengah antara wajah dan dagu. Yang terakhir gambar mulut sedikit ke atas titik tengah antara hidung dan dagu.

7. Menggambar Fitur Wajah Anime yang Sesuai dengan Gaya

Untuk fitur pada wajah bisa anda ubah sedemikian rupa agar sesuai dengan gaya yang akan ditunjukan pada gambar anda.

Contohnya pada mata, dimana jika sedang serius bisa digambarkan dengan mendekatkan bentuknya ke mata asli. Dan jika menggambar karakter chibi, bisa menggambar mata yang lebih besar dan “lebih tinggi”.

Contoh lainnya adalah alis, dimana bisa menggambar alis yang ditutupi oleh rambut. Atau bisa saja anda gambar bulu mata tepat di atas mata.

Cara Menggambar Mata Anime Dari Berbagai jenis

Salah satu ciri khas dari menggambar anime dan manga ialah mata. Tergantung dari jenis dan artisnya bisa menghasilkan berbagai macam variasi yang berbeda-beda.

1. Gaya Mata Anime & Manga

1. Gaya Mata Anime & Manga
scr : animeoutline.com

Beberapa mata anime dan manga digambar dengan cara yang sangat sederhana dan beberapa detail dihilangkan.

Hal tersebut dikarenakan karena si mangaka atau seniman harus menggambar bingkai atau panel manga lainnya.

Karena jika melakukan detail gambar pada mata akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

bahkan beberapa panel memperlihatkan mata yang besar karena akan lebih mudah untuk menyampaikan keadaan emosi karakter.

2. Menggambar Mata Anime & Manga

Pada bagian mata memiliki beberapa bagian, minimal terdapat mata atas dan bawah, iris dan pupil.

Bulu mata bisa digambar berdasarkan satu bentuk utuh atau hanya dengan sedikit bulu mata.

Bisa anda perhatikan jika mata anime seringkali di gambar secara vertikal. Alasan itu karena jika anda menggambar mata yang besar dan menggambar pupil / iris yang realistis.

Di bagian mata tersebut memiliki banyak ruang pada bagian atas dan bagian bawah di bagian mata. Ruang ini bisa membuat si karakter terlihat menjadi ketakutan atau gila.

3. Menggambar Mata Anime & Manga Semi-Realistic

3. Menggambar Mata Anime & Manga Semi-Realistic
scr : animeoutline.com

gaya ini digambarkan dengan gaya semi-realis. Biasanya digambarkan dengan iris bulat / pupil dan gambar mata lebih dekat secara proporsional dengan mata asli ( meskipun lebih besar ).

4. Menggambar Mata Anime & Manga Biasa

4. Menggambar Mata Anime & Manga Biasa
scr : animeoutline.com

gaya satu ini sangat umum dipakai di kalangan seniman. Gaya ini memberi gamabr mata sedikit lebih besar dari mata asli. Dan bisa anda beri bulu mata.

5. Menggambar Mata Anime & Manga yang Sangat Bergaya atau Chibi

5. Menggambar Mata Anime & Manga yang Sangat Bergaya atau Chibi
scr : animeoutline.com

Karakter yang digambar menggunakan gaya ini biasanya disebut dengan karakter “chibi”. Memiliki tubuh kecil dan kepala yang besar dengan mata raksasa yang biasanya menutupi sebagian besar kepala.

Cara Menggambar Baju Anime dan Manga

pada tutorial ini kita akan membahas berbagai macam cara menggambar jenis pakaian umum yang terdapat pada gaya anime dan manga.

1. Menggambar Jaket Kulit Anime

1. Menggambar Jaket Kulit Anime
scr : animeoutline.com

Untuk menggambar jaket kulit pada anime dan manga, mulailah menggambar bentuk keseluruhan dan fitur-fitur utama seperti tempat resleting beserta kerahnya.

Bahan kulit biasanya sangat ketat dan menutupi bentuk tubuh. Pada area bahu akan nampak sedikit lancip sedangkan area dada akan terjepit atau gambar saja sesuai.

Gambar bagian lipatan ringan dan bagian yang lebih kecil seperti detail pada resleting dan kantong, lakukan tersebut setelah anda menggambar fitur-fitur utama pada jaket kulit.

2. Menggambar Jeans Anime

2. Menggambar Jeans Anime
scr : animeoutline.com

Pada jeans juga sangat ketat dan hampir menutupi seluruh kaki. Jika anda sudah melakukan sketsa tubuh, kamu hanya perlu menggambar ujung atas dan ujung bawah pada kaki.

pada bagian bawah buatlah seperti gulungan, agar memperlihatkan sedikit bentuk kaki. Lipatan yang ketat pada jeans biasanya terdapat oada sisi lutut dan posisi paling atas diantara kedua kaki.

3. Menggambar Kemeja Anime

3. Menggambar Kemeja Anime
scr : animeoutline.com

Untuk menggambar bagian kemeja ( yang biasanya seragam sekolah atau lainnya ), mulai dari menggambar keseluruhan bentuk kemeja dan fitur utamanya.

Karena kaos biasanya terbuat dari bahan yang tipis maka akan memperlihatkan bentuk tubuh dibandingkan dengan jaket.

JIka pada kaos atau kemeja berlengan pendek, anda hanya perlu menggambarkan beberapa lipatan asaja di bawah dan atas dada.

Anda bisa memilih menggambar lipatan di sekitar perut atau badan yang menandakan bahwa kaos atau kemeja tersebut sangat ketat.

4. Menggambar Rok Anime

4. Menggambar Rok Anime
scr : animeoutline.com

Sama seperti sebelumnya, gambarlah bentuk tubuh terlebih dahulu dan rok secara wajar, dan gambar beberapa garis vertikal untuk menunjukan proporsi lipatan pada rok.

Penting untuk dicatat bahwa lipatan bisa dibuat satu arah dengan berbagai lengkungan agar lebih alami dan realitas.

5. Menggambar Sweater Anime atau Sweatshirt

5. Menggambar Sweater Anime atau Sweatshirt
scr : animeoutline.com

Masih sama dengan cara-cara sebelumnya, gambarlah keseluruhan sweater terlebih dahulu. Sweater dan sweater biasanya terbuat dari bahan yang lembut namun juga cukup tebal dan agak longgar.

Buat beberapa garis kurva dan lipatan utama pada sweater, pakaian yang longgar akan lebih cenderung mengarah ke bawah dan mengumpul di bagian bawah.

6. Menggambar Anime Sweat Pants

6. Menggambar Anime Sweat Pants
scr : animeoutline.com

buat keseluruhannya lagi, untuk celana olahraga yang biasanya cukup baggy ini akan lebih mudah, karena jumlah lipatan yang bisa dibilang sangat sedikit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *