Komik Manhua China Terbaik di Tahun 2020

Komik adalah sebutan dari Indonesia, berbeda di Jepang, Korea maupun di China yang lebih dikenal dengan Manhua. Disini Ota-kun akan memberikan beberapa rekomendasi tentang manhua terbaik buat yang suka full color komik.

membaca sebuah komik adalah suatu kegiatan yang sangat mengesankan di waktu luang, apalagi hal ini bisa dijadikan sebuah hobi.

Manhua adalah salah satu jenis komik yang masih digemari pada saat ini. Sebagai pesaing dari dua musuhnya yaitu Manga dari Jepang dan Manhwa dari Korea. Walaupun begitu, Manhua sendiri memiliki cerita yang asyik dan seru dan memiliki penggemar setia.

Akan Tetapi belakangan ini, komik dari China ini memiliki jenis atau cerita yang cukup miri – mirip. Dengan MC yang sangat OP ( overpower ), bercerita tentang seni beladiri, dan semuanya memperoleh kekuatan melalui proses pengolahan energi (cultivation).

Mungkin beberapa daftar di bawah ini bukan sesuai kriteria anda, tapi yaa. . . . bisakah masuk ke daftar manhua terbaik. Walaupun semua daftar di bawah ini merupakan pilihan Admin Otakun.

Daftar Komik Manhua Terbaik

Rebirth Of The Urban Immortal Cultivator

Rebirth Of The Urban Immortal Cultivator

Bercerita dimana Chen Fan meninggal di tengah masa kesengsaraan ilahi, setelah sampai ke puncak kultivasi dalam waktu kurang lebih 500 tahun. Entah apa yang terjadi, dia kembali ke kehidupan masa mudanya sebagai seorang mahasiswa yang hidup di bumi.

Dia membuat suatu ambisi untuk mencapai keabadian kembali, sembari ditemani oleh ilmu dari kehidupan masa lalunya, ia ingin menciptakan sebuah kehidupan yang bisa dibilang mencapai sempurna.

Boy in A Girls’ School

Boy in A Girls’ School

Boy in A Girls’ School atau The Boy in the All-Girl School adalah sebuah komik manhua yang memiliki frasa tema kehidupan sehari-hari, atau lebih enak disapa dengan sebutan slice of life.

Menceritakan seorang remaja pria yang pindah ke sebuah sekolah khusus perempuan. Mungkin anda berpikir hal tersebut adalah sebuah anugrah, tapi semua hal tersebut tidaklah benar.

Walaupun memiliki awal cerita yang cukup membosankan, anime ini cukup populer loh. Dimana ada bumbu harem dan juga ecchi disini. Ya enak lah dibaca sembari menghabiskan waktu luang.

Battle Through the Heavens

Battle Through the Heavens

Berlatar di sebuah negeri yang memiliki berbagai macam keajaiban, dimana yang kuat akan meminta yang lemah. Sebuah negeri yang dipenuhi dengan keelokan serta kecantikan dari penduduk serta harta yang memikat namun penuh akan bahaya.

Seorang bocah, bernama Xiao Yan yang dimana memiliki sebuah bakat yang muncul hanya dalam beberapa dekade, secara mengejutkan tiba-tiba kehilangan segalanya pada tiga tahun yang lalu, mulai dari kekuatannya, reputasi, dan janji kepada ibunya.

Komik ini cukup enak kok dibaca, makanya admin Ota-kun masukin ke dalam rekomendasi komik Manhua.

I Am an Invincible Genius

I Am an Invincible Genius

Selanjutnya dari rekomendasi komik Manhua terbaik yang bisa kamu baca di saat suwung atau gabut.

Memiliki latar belakang cerita dari seorang remaja yang lumpuh dan kembali bisa menjalani kehidupannya karena AI bernama “Bar La”. Lalu apakah yang akan dia lakukan untuk menjadi seseorang yang tidak terkalahkan?

Star Martial God Technique

Star Martial God Technique

Di dunia yang memiliki dua belas jalan yang digunakan untuk mendaki Menara Tuhan, dan sebuah legenda mengatakan salah satu dari dua belas ini mengantarkan ke sebuah jalan keabadian yang legendaris.

Namun siapa sangka, di Menara Tuhan sendiri ternyata memiliki jalan yang sangat panjang dan tanpa akhir. Pada zaman dulu, seni bela diri memiliki berbagai macam jenis dan tipenya, tapi dunia berubah karena sebuah perubahan.

Sekarang ini, hanya tersisa tiga yaitu Api, Naga dan Seni Bela Diri Bintang. Generasi dari ketiga jenis bela diri tersebut mencoba mencari jalan untuk mencapai keabadian.

Song of The Long March / Chang Ge Xing

Song of The Long March

Komik Manhua selanjutnya ini berceritakan seorang putri yang sangat cantik yang menjadi seorang ahli perang untuk bertahan hidup setelah ayahnya tergulingkan.

Komik Manhua ini juga kerap dikenal dengan sebutan “Perjalanan Chang Ge”, ditulis oleh Xia Da yang memiliki 61 bab yang mengikuti kisah perjalan putri muda. Setelah terjadi kudeta terhadap keluarga nya, dia merahasiakan identitasnya dengan cara berpakaian layaknya pria.

Bersembunyi di sebuah tempat dan mencoba untuk menjadi seorang ahli strategi perang militer untuk membalaskan dendamnya yang telah menghancurkan keluarganya.

Feng Shen Ji

Feng Shen Ji

Salah satu komik Manhua terbaik nih, gimana menonjolkan genre action yang mantap dan seru. Bercerita tentang seorang putra mahkota bernama Ah Gu yang memiliki silsilah keluarga sedikit aneh, sang ayah radja manusia dan ibu seorang dewa.

Dah memiliki watak yang sangatah buruk, dan suatu etika datanglah segerombolan dewa yang bertujuan untuk menyerang kerajaan. Sang ayah tak gentar akan penyerangan tersebut, malang nasib menimpanya, yang menghasilka Ah Gou menjadi seorang diri.

Ah Gou pun berlatih dan memulai perjalanan untuk mencari sebuah kekuatan agar bisa memusnahkan para dewa yang menindas manusia.

Magic Emperor

Magic Emperor

Chuo Yifan merupakan seorang kaisar sihir yang telah dikhianati oleh orang-orang terdekatnya dikarenakan sebuah warisan magis kuno.

Setelah meninggal, jiwanya masuk kedalam tubuh lain yang sudah dipenuhi oleh iblis.

Hero I Quit A Long Time Ago

Hero I Quit A Long Time Ago

Bercerita tentang seorang pemuda yang memiliki sebuah kekuatan luar biasa untuk melawan monster, dimana dia pernah merasakan sebagai seorang pahlawan yang dikagumi oleh banyak orang.

Dan entah mengapa dia lebih memilih untuk pensiun dan menjadi seorang pengangguran, sebuah kejadian pun mengharuskanku untuk menjadi seorang pahlawan kembali.

Spirit Sword Sovereign

Spirit Sword Sovereign

Bercerita akans eorang tuan muda yang dipandang rendah dikarenakan kultivasinya yang sangat buruk, dia dijodohkan oleh seorang putri, namun dia lebih memilih untuk menikahi seorang pelayan.

Dari hal tersebutlah cerita dimulai, berdua mencoba membangun kultivasinya untuk mengambil alig sektenya yang hampir runtuh.

Iron Ladies

Iron Ladies

Salah satu komik manhua yang memiliki visual bagus nih. Komik Iron Ladies sendiri bercerita tentang seorang remaja lulusan universitas, Mu Siyun.

Dimana ia mengirim sebuah CV ke armada bintang dengan kemauan dan entah bagaimana dia bisa menjadi seorang laksamana armada.

Cukup absurd sih ceritanya, tapi apa salahnya sih kalo membaca hehe. Ceritanya ini seputar tentang seorang laksamana adegan harem 3000 tentara wanita yang siap menaklukkan dunia.

Supreme Godly System

Supreme Godly System

Dengan energi misterius dari sebuah sistem berita yang disebut dengan CNN BBC, seorang anak yang lahir dari bumi yang berinkarnasi di sebuah tanah asing.

Di tanah asing tersebut, dia mencoba untuk meraih harta karun, mempraktikkan bela diri untuk menjadi yang paling kuat.

Reborn Big Player

Reborn Big Player

Cukup keren lah komik manhua ini, hehe.

Different Kings

Different Kings

Salah satu komik Manhua China terbaik yang bertema tentang reinkarnasi dan memiliki cerita cukup unik, seorang pangeran dari sebuah kerajaan yang tiba-tiba reinkarnasi ke sebuah tubuh remaja yang mati di kamarnya.

God of Martial Arts

God of Martial Arts

“Lin feng” yang mengalami sebuah kematian dikarenakan tertabrak oleh mobil mendapati bahwa dirinya sudah terbaring di suatu tempat asing.

Di kehidupan selanjutnya dia menjadi seorang tuan muda dari lin dari klan lin yang diharuskan menguasai beladiri yang hebat untuk membalaskan orang-orang yang membelinya.

The Hunter

The Hunter

Chen BeiMing yang menjadi anggota dari Aliansi Surgawi, dimana dia dikhianati dan dibunuh oleh The Five Lords.

Entah mengapa, dia di bangkitkan ke masa lalu dengan masih menyimpan ingatannya secara utuh dan dia bersumpah akan membalas dendam ke pada mereka.

The Demon King Who Lost His Job

The Demon King Who Lost His Job

Komik Manhua yang memiliki cerita cukup unik sih menurutku, dimana bercerita tentang seorang raja iblis yang gabut, dia berpura-pura lemah dengan mengikuti sebuah guild untuk mendapatkan uang.

The One

The One

Lele yang merupakan seorang wanita muda yang lahir di sebuah dunia fashion yang gila. Dimana kedua orang tuanya merupakan seorang model populer di Taiwan yang mengalami sebuah kecelakaan dan meninggal.

Dia memikirkan bahwa menjadi seorang model itu hal yang sia-sia, namun bibinya yang merupakan seorang agen model memasukkannya ke dalam industri tersebut.

Apotheosis

Apotheosis

Bercerita akan seorang bernama Luo Zheng yang lahir di sebuah keluarga rendah hati dan menjadi anak sulung. Dikarenakan derajat keluarganya yang menurun.

Adiknya terculik oleh beberapa orang yang sangat kuat, dan dia sekarang hanya bisa diinjak oleh orang lain. Akan tetapi surga tidak lepas tangan akan hal tersebut.

Entah kenapa, dia menemukan sebuah buku kuno yang ditinggalkan oleh ayahnya yang didalamnya mengungkapkan sebuah teknik ilahi rahasia, memberikan kekuatan bagi yang membacanya.

19 Days

19 Days

Di buat oleh seseorang bernama Old Xian, manhua ini memiliki cerita yang unik dan keren, dimana menceritakan tentang sekumpulan laki-laki yang bergurau dan bercanda ria.

The Last Human

The Last Human

Zuo Tian Cheng hidup sebagai manusia terakhir di sebuah kota yang sudah dipenuhi oleh zombie. Setelah dia ingin memulai pertarungan terakhirnya, entah mengapa rohnya terkirim ke masa lalu, sepuluh tahun sebelumnya.

Dari situ dia bersumpah akan membantu para manusia untuk melalui berbagai macam ancaman para zombie.

Hunter Age

Hunter Age

Remaja yang naif dan tidak peduli dengan tragedi 16 tahun yang lalu, harus berpetualang ke sebuah dungeon.

Tang Yin Zai Yi Jie

Tang Yin Zai Yi Jie

Memiliki tubuh yang bisa dibilang berbeda dari orang normal pada umumnya, akan tetapi belum mengetahui bagaimana cara menggunakannya dengan benar, dimana dia hanya mengetahui cara untuk membunuh.

Sealed Divine Throne / Shen Yin Wang Zuo

Sealed Divine Throne

Di dunia ini sudah mengalami kepunahan akan ras manusia karena munculnya para iblis. Enam kuil bangkit dan bersatu untuk melindungi manusia yang tersisa.

I Have a Mansion In The Post-Apocalyptic World

I Have a Mansion In The Post-Apocalyptic World

Layaknya cerita Manhua lainnya, komik ini bercerita tentang seorang pria remaja berusia 24 tahun yang meninggal karena sebuah meteor.

Versatile Mage

Versatile Mage

Terbagung di sebuah tempat yang entah berantah, dan sudah berubah dengan dunia sebelumnya. Sekolah menengah yang mengajarkan sebuah sihir, mendorong siswanya untuk menjadi magician terhebat.

The Ravages of Time

The Ravages of Time

Memiliki latar belakang sejarah dan bercerita tentang tiga kerajaan di Cina. Jadi disini kamu akan bertemu dengan tokoh-tokoh legendaris China seperti Liu Bei, Guan Yu, Zhang Fei, atau Cao Cao.

Jiuxing Tianchen

Jiuxing Tianchen

Jiuxing Tianchen merupakan dunia yang dimana terdapat berbagai macam ras, seperti monster manusia dan juga hewan misterius lainnya. Disana mereka hidup berdampingan dan saling membantu satu dengan lainnya.

Demons and Strangers / Heresy

Demons and Strangers

Manhua yang memiliki latar belakang di dunia spiritualis, komik ini berkisah tentang Mo Lian Jian, seorang pemuda yang masuk ke sebuah sekter supernatural.

The Law of the Alien Merchants

The Law of the Alien Merchants

Apa yang akan terjadi jika kamu secara tidak sengaja masuk ke sebuah dunia lain, atau lebih sering disapa dengan isekai. Dimana kamu menggunakan semua ilmu pengetahuan untuk menghasilkan uang disana.

God Slayer

God Slayer

Beiming mengalami sebuah kecelakaan yang membuat dia kehilangan tangan kanan dan kaki kanan. Yaaa, walaupun reviewnya sedikit, komik Manhua ini cukup enak kok dibaca, dan tentunya masuk ke dalam rekomendasi komik Manhua.

Douluo Dalu

Douluo Dalu

Manhua satu ini merupakan dari salah satu komik yang memiliki seri sangat banyak. Dimana seri pertama menceritakan tentang Tang San yang mengikuti sebuah sekolah beladiri serta menyelidiki misteri orang tuanya.

Memiliki alur dan cerita yang bisa dibilang sedikit membingungkan sih, tapi tenang aja, semua itu cocok kok masuk ke dalam list Manhua terbaik di tahun 2020 ini.

Metropolitan System

Metropolitan System

Selanjutnya dari daftar komik Manhua terbaik nih, bercerita tentang Jiang Bai yang tewas dalam sebuah kecelakaan truk, di mana dia sedang mencoba lari dari kasino karena memenangkan uang yang cukup besar.

Alih-alih meninggal, jiwanya ternyata terbawa ke sebuah dunia lain yang mirip dengan Bumi dan menyatu dengan dirinya di sana namun memiliki kisah yang menyedihkan.

Di sana , dia bertemu dengan seorang dewa gila, dimana dia diberikan suatu BUG yang kuat di dunia paralel tersebut.

The Superb Captain in the City

The Superb Captain in the City

Jika kamu menyukai akan komik Manhua yang penuh akan harem dan wanita cantik, maka komik Manhua ini sangat rekomendasi buatmu.

Berkisah akan pasukan khusus yang sudah pensiun ganteng dan menawan yang dikejar oleh musuh di seluruh dunia dan menjadi sasaran kekuatan jahat.

Peerless Soul

Peerless Soul

Salah satu dari komik Manhua terbaik selanjutnya nih, menceritakan tentang kekuatan, martial art, serta kultivasi yang menyangkut ke dalam sebuah sekte.

The Master of Martial Arts Retired Life

The Master of Martial Arts Retired Life

Komik Manhua ini biasanya juga dipanggil Martial King’s Retired Life, bercerita tentang seorang pendekar sakti, Qing Fei Zhen. Dimana dia sudah pensiun dini dikarenakan muak akan tingkah laku gurunya.

Martial Master

Martial Master

Seorang master beladiri bernama Simon yang telah dikhianati oleh teman-temannya sampai mati. Tiga ratus punberlalu, dia reinkarnasi ke dalam sebuah keluarga kerajaan.

Martial Peak

Martial Peak

Komik manhua selanjutnya nih dimana Ingin menjadi terkuat dari master bela diri adalah perjalanan yang cukup sunyi, sepi dan panjang. Dalam menjalani kehidupan, diharuskan untuk tetap berjuang dan tidak mudah menyerah.

Pada suatu hari Kai Yang, seorang penyapu rendahan, entah kenapa bisa memiliki sebuah buku hitam, dimana buku tersebut membuat dia menjadi seseorang yang sangat kuat.

Tales of Demons and Gods

Tales of Demons and Gods

Hampir sama dengan komik Manhua lainnya sih, dimana sih MC yang kembali ke masa lalu untuk memperbaiki masa depan yang buruk pada dirinya dan orang-orang disekelilingnya.

Return of Xiandi

Return of Xiandi

Komik Manhua ini bercerita tentang Yun Qing Yan, dimana tiga tahun yang lalu jatuh secara tidak sengaja ke dalam sebuah dunia fantasy. Setelah melewati tiga ribu tahun, dia menjadi seorang kaisan Yunxian.

Begin With Your Name

Begin With Your Name

Wehehe, salah satu Komik Manhua terbaik kesukaan admin Otakun nih, dimulai dari unsur slice of life, komedi dan juga tentang kehidupan sekolah.

Di komik ini, menceritakan tentang dua orang gadis yang di sekolah saling jatuh cinta satu dengan lainnya, kocaknya cewek ini memiliki teman cowok yang sableng-sableng.

To Be The Castellan King

To Be The Castellan King

Selanjutnya dari komik Manhua, bercerita tentang seorang otaku yang sedang bermain game online, dan tanpa sengaja menginjak sebuah kabel listrik yang membuatnya meninggal, lalu saat terbangun dia sudah masuk ke dunia isekai.

Di dunia tersebut dia melihat seseorang dengan telinga kucing, dan berbagai macam makhluk lainnya yang hanya bisa ditemui di dalam game atau anime.

Urban God

Urban God

Udah mau akhir dari rekomendasi komik manhua nih. Komik Manhua ini cukup nyaman jika kamu baca sambil makan atau tiduran. KOmik Manhua ini sendiri memiliki cerita yang cukup ringan, dibandingkan komik Manhua lainnya.

Sebelum meninggalnya Chen Fei, salah satu dari kelima makhluk langit, dia mencoba untuk kembali ke usia saat masih delapan belas tahun. Saat kembali ke masa mudanya, dia ingin membalaskan semua dendamnya.

I Have a Dragon on My Body

I Have a Dragon on My Body

Seorang kaisar Surgawi yang entah kenapa kembali ke sekolah menengah, disana dia terkejut ternyata dia memiliki seekor naga di dalam tubuhnya saat masih lemah.

Wan Gu Shen Wang

Wan Gu Shen Wang

Wan Gu Shen Wang

Selanjutnya dari komik Manhua yang menceritakan tentang sebuah kehidupan sekolah serta pertarungan yang akan memanjakan matamu, komik Manhua ini cukup untuk masuk rekomendasi komik Manhua kok.

Kesimpulan Manhua Terbaik

Nah itulah beberapa Rekomendasi dari komik Manhua Terbaik dari Ota-kun. Jika kamu memiliki pendapat lain, silahkan diskusikan di dalam komen. Terimakasih.

Leave a Comment