Infotaku

Perbedaan Anime OVA, OAV, OAD, ONA, BD & SE

Ota-kun Written by Ota-kun · >
Perbedaan Anime OVA, OAV, OAD, ONA, BD & SE

Kali ini Otakun akan membahas salah satu dari tipe anime, eitss tapi bukan genre anime, melainkan tipe dari istilah pada video anime tersebut.

Dari para fans atau penikmat Jejepangan mungkin sudah tidak asing ditelinganya jiika menonton sebuah film maupun anime dengan embel-embel di judulnya OVA, OAV, OAD, ONA, BD & SE (Spesial Episode).

Embel-embel tersebutnya lah menyebabkan kebingungan dalam memilih anime atau film yang bagus mana sih. Tenang disini akan saya jabarkan perbedaan dari macam-macam jenis anime tersebut.

Macam-Macam Perbedaan Anime

OVA

banyak juga yang mempertanyakan “apa itu OVA?”, OVA adalah kependekan dari Original Video Animation. Dimana OVA merupakan sebuah episode tambahan yang dipublikasikan atau ditayangkan menggunakan format video.

OVA sendiri bisa dibuat untuk meluruskan cerita dari sebuah anime yang biasanya dipenuhi dengan ending kentang, eding gantung, dan sebgainya.

Namun OVA tidak hanya muncul pada akhir sebuah series, OVA bisa juga muncul di pertengahan series, dan OVA sendiri bisa tayang tanpa harus menunggu episode dari anime series tersebut.

OAV

OAV merupakan singkatan dari Original Animation Videos, sebenarnya OAV sendiri merupakan satu kesatuan atau bisa dibilang hal yang sama saja dengan OVA.

Jadi jika kamu menyebut OVA maupun OAV sama saja memiliki arti yang sama. Namun dikarenakan pemikiran yang liar dari berbagai orang, OAV sekarang malah disalah artikan dengan istilah Original Adult Video.

OAD

Nah untuk OAD atau kependekan dari Original Animation DVD, dimana sedikit berbeda dengan OVA.

Jika OVA dipublikasikan atau ditayangkan dengan bentuk format video, OAD sendiri menggunakan dengan cara menjualnya dalam kepingan CD.

ONA

Original Net Animation atau lebih akrab diucap ONA merupakan anime yang dipublikasikan lewat jaringan internet, atau lebih dikenal dengan sebutan streaming.

ONA tidak ditampilkan di TV, meskipun sekarang sudah banyak sekali media streaming anime, ONA sendiri memiliki visual yang bisa dibilang lebih rendah dari OVA, karena ONA biasanya dibuat secara independen.

BD

Lalu apa itu BD ? kalimat yang sering ada di belakang maupun depan judul anime yang mau kita tonton. BD sendiri mengacu pada media penyimpanannya yang berupa Bluray DVD/Bluray Disk.

Video dengan embel-embel BD sendiri memiliki berbagai macam keunggulan, dikarenakan format BD sendiri dijual dan diedarkan oleh pembuat anime itu sendiri.

Mulai dari segi kualitas, resolusi, dan juga ketajaman anime tersebut. Misalnya seperti hal-hal yang berbau dengan “sinar dewa” dimana membuat sebagian orang jengkel, di BD semua hal tersebut HILANG.

Blu-ray Disc (Cakram Bluray)

Sama halnya dengan CD maupun DVD, cakram optik bluray sebenarnya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan cakram optik lainnya.

Dilihat dari namanya yang ada kata “blu”, dimana berasal dari kata “bluray”, lapisan dari kaset atau cakram DVD ini sendiri didominasi dengan warna biru sampai keunguan.

Data yang mampu dimuat dalam cakram disk ini cukup besar, semua itu diatur berdasarkan jumlah layernya.

  • 1 Layer = 25 Gb
  • 2 Layer = 50 Gb
  • dst.

Bahkan cakram BD ini sendiri bisa sampai lebih dari 100-300 Gigabyte, dengan kecepatan dalam membaca data 36 Mb/detik.

SE

SE atau Special Episode merupakan sebuah episode yang durasinya cukup pendek, kira-kira sekitar beberapa menit saja, dan biasanya special episode tidak memiliki sangkut paut dengan plot cerita animenya.

Nah sekarang para penikmat Jejepangan sudah paham kan? Semoga artikel ini membantu. Jika mungkin ada kesalahan atau ingin berpendapat, silahkan di komentar, terimakasih.

TV

Lalu apa anime TV ? Seperti halnya dengan namanya, anime yang memiliki embel-embel ini pernah tayang secara langsung maupun secara tidak langsung pada sebuah stasiun TV di Jepang. Beberapa stasiun TV yang biasanya memutar anime adalah TV Tokyo, Animax, dan sejenisnya.

Perbedaan Tipe Anime

Perbedaan Anime Bd Dan Biasa (TV)

Dilihat dari kasat mata sendiri, perbedaan antara anime BD dan anime Biasa ( TV ) sangatlah jelas. Dilihat dari segi suara maupun grafis yang tentunya jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya lagi, bisa kamu baca di bawah ini :

BD BIASA (TV)
VISUAL Lebih bagus dan juga baik, mulai dari segi resolusi, detail, dan penunjang visual lainnya. Masih kalah jauh dibandingkan dengan tipe anime BD.
SOUND Sound yang dihasilkan lebih jernih dan juga lebih bagus. Masih kalah jauh dibandingkan dengan tipe anime BD.
SENSOR TANPA SENSOR SINAR DEWA dan lainnya. Penuh akan sensor dewa, kaleng, dan lain sebagainya.
SCENE Ada beberapa adegan maupun peristiwa yang tersembunyi, atau adegan yang tidak dada di anime bertipe TV. Ada beberapa scene maupun adegan yang disembunyikan di dalam anime biasa (TV).
BUDGED WAJIB membeli untuk melihat anime yang ada, karena anime BD sendiri ditargetkan untuk dijual belikan oleh pihak producer anime. Gratis, dikarenakan tayang di stasiun TV, bebas ditonton oleh setiap orang layaknya tv kabel di berbagai rumah.
MEDIA Anime BD disimpan di sebuah media kaset atau cakram optik bluray. Jadi jika ngebet ingin menonton, kamu harus beli alat pemutar cakram disk dan disc nya juga. Anime TV sendiri ditayangkan di berbagai macam stasiun TV yang ada di Jepang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *