43 Macam Genre Anime Beserta Rekomendasinya

Di masa libur memanglah sangat menyenangkan jika dihabiskan untuk menonton film maupun anime. Tidak jauh berbeda dibandingkan sebuah film, anime juga memiliki genre yang bisa dibilang sangatlah banyak.

Mayoritas dari sebuah anime setidaknya memiliki satu sampai lima kategori, mau dari action, comedy, maupun sampai ke romance. Tapi dari berbagai macam genre yang dimiliki sebuah anime, hanya satu genre yang menjadi topik inti.

Jika kalian merasa bingung dengan jumlah genre anime yang cukup banyak, dan ingin menonton anime yang bagus serta seru, tidak salahnya anda membaca rekomendasi anime.

43 Genre di Anime beserta Rekomendasinya

Action

Action

Mengisahkan tentang karakter anime dengan aksi keren di setiap cuplikan dari seri anime, bisa menggunakan senjata maupun tidak. Biasanya anime dengan genre ini memiliki cerita yang cukup banyak penggemarnya.

Adventure

Adventure

Sebuah genre anime tentang perjalanan, petualangan maupun penjelajahan dari karakter yang memiliki tujuan untuk menggapai mimpi atau menyelesaikan sebuah misi.

Genre jenis ini sangat cocok jika anda sangat menyukai jenis game RPG, dari tantangan baru serta bertemunya orang-orang baru.

Cars

Cars

Anime dengan cerita yang berfokus pada sebuah balapan, bisa berupa mobil, atau berbagai macam mainan yang bertujuan untuk mendapatkan pemenang dari balapan.

Comedy

Comedy

Genre yang biasanya memiliki kolaborasi dengan genre action dan romance. Dari namanya saja kita sudah tahu, comedy yang tentunya bertujuan untuk membuat penonton menghibur dari tingkah lucu dan cerita lucu.

Dementia

Dementia

Hmm, kamu suka muter otak? apa kamu suka menyiksa otakmu? Tenang, anime ini bisa menjadi salah satu pilihan anda, dari plot-twisting dan cerita yang sangat membingungkan.

Demons

Demons

Genre anime yang memiliki ras selain dari manusia, demon atau iblis yang berisi makhluk-makhluk seperti monster dan iblis.

Kebanyakan anime dengan genre ini memiliki karakter anime dengan kekuatan yang besar atau MC yang ganteng.

Drama

Drama

Ku menangisss. . . Hehe

Menampilkan kehidupan tentang situasi atau kondisinya yang kompleks, penuh konflik, penuh drama yang membuat anda masuk kedalam cerita.

Ecchi

Ecchi

Salah satu menjadi genre pertama dari beberapa orang yang ingin menonton anime. Tapi ingat, genre ini sebaiknya ditonton secara bijak atau sudah cukup umur.

Karena anime ini menampilkan beberapa adegan-adegan yang cukup HOOOT, bahkan beberapa mengarah ke porn*grafi.

Fantasy

Fantasy

Kategori anime yang menampilkan dunia dengan penuh hal-hal fantasi, seperti makhluk mitologi seperti naga, sihir, bahkan sebuah robot canggih.

Dengan banyaknya kisah imajinatif atau hal yang tidak akan terjadi pada dunia nyata, akan anda dapatkan di kategori anime ini.

Game

Game

Sudah menjadi wibu dan gamer, ya sudah sip dong jika anda memilih kategori ini.

Bertema tentang cerita game, game yang dijadikan anime juga bermacam-macam jenisnya. Biasanya game yang dibawakan memiliki sambung paut dengan judulnya.

Harem

Harem

Sebuah kondisi dimana yang memiliki kemungkinan 10% akan terjadi pada kehidupan anda.

Dimana menceritakan tentang laki-laki yang dikelilingi banyak wanita cantik, cerdas, dan juga kaya.

Ohya, dalam genre ini memiliki kebalikannya, yaitu reverse harem dimana menceritakan kebalikannya, dimana satu wanita yang dikelilingi banyak cowok tampan, pintar, intinya perfect lah.

Hentai

Hentai

Satu kategori yang tidak akan saya berikan rekomendasinya. Maaf . . .

Yah intinya film p*rno yang dijadikan anime.

Historical

Historical

Untuk anak alumni dari IPS saat SMA, mungkin menjadi salah satu kategori yang bisa menjadi pilihanmu.

Bertema pada zaman kerajaan masa lalu, dan dimana bercerita tentang bangsawaan. Seperti raja, ratu, dan pangeran dan putri kerajaan.

Horror

Horror

Menceritakan tentang kisah mengerikan, atau menceritakan tentang pembunuhan, hantu dan berbagai macam yang membuat anda ketakutan.

Bercerita yang fokusnya membuat si penonton menjadi tegang, dan ketakutan.

Josei

Josei

Memiliki cerita yang lebih kompleks dari genre shoujo, dan cerita dalam anime ini lebih ditujukan pada perempuan berusia 18 – 30 tahun.

Kids

Kids

Kategori anime yang ditujukan khusus untuk anak-anak, atau berfokus pada nuansa anak kecil.

Tapi jika kamu ingin menontonnya walaupun sudah tua tetep boleh kok.

Magic

Magic

Hampir mirip dengan genre fantasy, kategori anime yang akan berfokus untuk menceritakan tentang hal-hal yang berbau sihir, penyihir, atau sebuah ilmu sihir.

Martial Arts

Martial Arts

Menceritakan tentang sebuah anime beladiri murni maupun campuran, dimana setiap episode biasanya dihadirkan pertarungan dari berbagai macam teknik beladiri.

Mecha

Mecha

Berfokus pada kehidupan sebuah robot dan juga mesin-mesin canggih, bahkan beberapa dari anime jenis kategori ini memiliki banyak penggemarnya.

Military

Military

Suka akan film-film perang, tentara, militer, politik dan taktik perang. Kategori satu ini sangat cocok bagi anda, di mana akan disajikannya peperangan antara dua belah pihak.

peperangan yang terjadi bukan sekedar perang biasa, perang politik dan juga perang taktik juga terjadi di sini.

Music

Music

Menggunakan musik sebagai tema utama pada anime, dimana bisa dari solo, band, maupun grup dance dan musikal.

Mystery

Mystery

Sedikit mirip dengan genre horror, genre mystery lebih menekankan tentang sebuah pemecahan sebuah masalah atau kasus yang dimana belum jelas dan terungkap.

Kebanyakan animenya memiliki MC sebuah detektif atau karakter yang sangat pintar di dalamnya.

Parody

Parody

Biasanya berkolaborasi dengan genre comedy. Tapi memiliki perbedaan dalam hal lawakannya.

Di genre ini lawakannya disajikan dari plesetan komik, film, anime, sejarah, maupun sebuah informasi lainnya.

Police

Police

Poin utama yang erat akan detektif, dan menceritakan tentang sebuah misi polisi dan detektif dalam menangani kasus, anime dengan jenis ini biasanya mudah sekali membuat penonton menjadi tegang.

Psychological

Psychological

Nah, salah satu anime dengan jumlah karakter “GUA BANGET” terbanyak terdapat pada kategori anime ini.

Mengandung cara berfikir dari si MC yang sangat jenius, atau bisa juga abnormal, mind blow lah pokoknya.

Romance

Romance

Berkisah tentang romansa percintaan antara seorang laki-laki dan perempuan, maupun juga yang sejenis.

Genre satu ini bisa ditonton jika anda sudah mulai galau tidak punya pacar sampai sekarang, agar nanti jika sudah punya bisa membahagiakan pacar anda. Hehe

Samurai

Samurai

Samurai adalah seorang prajurit elit dari kalangan bangsawan. Anime dengan genre ini menceritakan tentang tokoh samurai maupun kejadian pada masa samurai zaman dulu.

School

School

Berkisah tentang kehidupan anak-anak muda di masa sekolah, biasanya genre ini memiliki keterkaitan dengan romance, drama, maupun comedy.

Sci-Fi

Sci-Fi

Konflik yang berkaitan tentang dunia masa depan, dimana ilmu pengetahuan sudah sangat jauh didepan.

Disini anda bisa melihat robot, luar angkasa, bahkan hal-hal yang diluar nalar.

Seinen

Seinen

Genre yang menjadi tingkat lebih atas dari shounen. Genre satu ini lebih difokuskan kepada pria berusia 18-30 tahun, karena di dalam artikel akan disediakan berbagai masalah dewasa.

Shoujo

Shoujo

Anime dimana ceritanya ditujukan kepada remaja perempuan, biasanya menceritakan tentang persahabatan dan kisah romantis harapan para remaja cewek.

Shoujo Ai

Shoujo Ai

Sama halnya seperti genre romance, tapi cerita ini menceritakan tentang kisah cinta antara sesama jenis, yaitu sesama cewek atau sesama perempuan.

Shounen

Shounen

Berkebalikan dari genre shoujo, genre shounen menceritakan tentang masalah seorang remaja pria, dan beberapa anime dengan genre ini memiliki kisah “zero to hero”.

Shounen Ai

Shounen Ai

Memiliki kebalikan dari genre shoujo ai, genre ini menceritakan kisah cinta dari sesama jenis laki-laki atau pria.

Slice of Life

Slice of Life

Dimana bercerita tentang kehidupan sehari-hari, biasanya genre ini memiliki cerita yang cukup enteng untuk diikuti, karena ceritanya tidak jauh dari kehidupan nyata.

Space

Space

Punya cita-cita sebagai astronot? Nah bisa tonton anime dengan genre ini dulu. Sebuah anime dengan nuansa luar angkasa, mulai dari alien, ufo, maupun benda asing dari luar angkasa.

Sports

Sports

Setelah menonton anime dengan genre ini, pasti beberapa orang akan merasakan “HMMM, sepertinya cukup seru olahraga ya”.

Bercerita tentang olahraga berupa basket, voli, renang, bahkan beberapa olahraga lainnya yang belum anda tahu.

Super Power

Super Power

Memiliki kaitan erat akan kekuatan super, dimana menceritakan karakter anime yang memiliki kekuatan supernatural atau dunia yang penuh akan kekuatan super power.

Supernatural

Supernatural

Sedikit mirip dengan genre magic, perbedaannya terdapat pada lebih mengarah ke sebuah kekuatan dari si MC atau karakter anime yang sangat tidak masuk akal.

Berbagai macam ceritanya bisa berkaitan tentang kekuatan gaib, dewa, ataupun sebuah iblis.

Thriller

Thriller

Genre yang biasanya dikolaborasi dengan horror, genre ini lebih condong ke nuansa menegangkan dibandingkan menakutkan.

Membuat si penonton merasakan apa yang terjadi di dalam anime, biasanya bercerita tentang psikopat, pembunuhan, dan lain sebagainya.

Vampire

Vampire

memiliki nuansa akan si monster penghisap yaitu vampire, dimana anda akan merasakan berbagai macam nuansa karakter ganteng atau cantik dengan taring runcing.

Yaoi

Sama seperti genre H*ntai, tapi memiliki perbedaan yaitu menceritakan tentang adegan dewasa antara sesama jenis laki-laki, cowok, atau pria.

Yuri

berkebalikan dengan Yaoi, disini memiliki karakter sesama jenis antara sesama jenis perempuan, cewek, atau wanita.

Kesimpulan Genre Anime

Apapun genre yang anda pilih, semua itu menjadi tanggung jawab anda jadi pilihlah dengan bijak. Sekian review genre anime dari Ota-kun.