Perbedaan Wibu Dan Otaku Beserta Gejalanya

Salah satu kebiasaan yang berasal dari Jepang ialah Otaku dan WIbu, kedua kata itu kerap disandingkan dengan satu sama lain tanpa kita tahu apa perbedaan wibu dan otaku yang sebenarnya.

Akan tetapi Jepang sendiri merupakan gudang dari budaya unik serta karya yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya ialah anime dan juga manga.

kebanyakan orang menganggap bahwa otaku dan wibu dianggap istilah yang sama, padahal masing-masing memiliki perbedaan satu dengan yang lain.

Istilah wibu dan otaku sendiri cukup populer dipergunakan di dunia para pecinta anime, game, maupun cosplay. Kebanyakan munculnya wibu dan otaku sendiri diakibatkan karena terlalu menghayati sebuah peran dalam game maupun anime.

Sebelum masuk ke perbedaanya kita ulas dulu pengertian dari masing-masing istilah Otaku dan Wibu itu sendiri.

Perbedaan Wibu Dan Otaku

Nah sekarang mulai kita bahas apa saja perbedaan wibu dan otaku. Bisa dibilang perbedaan Wibu dan Otaku sangatlah tipis sekali.

Tanpa basa-basi lagi, mulai kita ulas perbedaan Wibu dan Otaku serta ciri-ciri atau gejalanya agar tahu kamu di kubu mana.

Apa Itu Wibu ?

Arti kata wibu sendiri berasal dari kata weeaboo yang berasal dari sebuah cuplikan Perry Bible Fellowship karya dari Nicholas Gurewitch,padahal pada waktu itu belum memiliki makna apapun.

Kata Wibu sendiri mulai dipergunakan pada pertengahan tahun 2000an, diawali dari sebuah forum bernama 4chan, dimana kata wibu menggantikan istilah wapanese (wanna be Japanese).

Wapanese pada zaman dulu merupakan sebuah ejekan kepada orang-orang yang terlalu maniak kepada segala hal yang berbau tentang Jepang, mulai dari budaya, karya, bahkan orang-orang disana.

Maka bisa disimpulkan bahwa Wibu Adalah seseorang yang memiliki rasa cinta terhadap kebudayan atau hal-hal yang berbau Jepang hingga dapat merendahkan budayanya sendiri.

Wibu sendiri tidak memiliki kepanjangan dari kata apapun, melainkan sebuah serapan dari bahasa asing.

Ciri Ciri Wibu

Memiliki Kebanggan Terhadap Jepang Secara Berlebihan

Awal dari ciri-ciri seorang wibu adalah dia tidak akan malu untuk mengungkapkan kegemarannya atas kebudayaan Jepang.

Tidak hanya menyukai, mereka bahkan rela berpakaian dan berperilaku layaknya orang Jepang, bahkan menggunakan bahasa Jepang di kehidupan sehari-hari.

Salah satunya yang paling sering adalah ohayo, arigatou. konichiwa, eto, daijoubu, hingga gomenasai.

Pada taraf tersebut memang tidak akan menimbulkan sebuah masalah, tetapi beberapa kasus jika orang tersebut adalah seorang wibu akut, mereka tidak akan segan merendahkan budayanya sendiri.

Terobsesi Secara Berlebihan Atas Anime Maupun Karya Jepang

Seseorang yang suka akan sebuah anime belum tentu merupakan seorang Wibu, mungkin saja dia hanya sebatas Otaku.

Akan tetapi jika orang tersebut merupakan wibu, maka dia tidak akan segan-segan untuk menggelontorkan uang untuk mengoleksi merchandise yang berkaitan tentang anime, manga, maupun game yang disukainya tersebut.

Menjadikan Karakter 2D Sebagai Husbando atau Waifu

Jika jiwa wibunya sudah sangatlah parah, maka tak heran jika dia sangat mengidolakan karakter favoritnya.Bahkan beberapa wibu menganggap bahwa karakter tersebut merupakan Waifu maupun Husbandonya.

Mereka memiliki fantasi bahwa karakter tersebut hidup, dikarenakan wibu yang sudah akut menganggap bahwa karakter favoritnya itu adalah orang yang sempurna untuk dijadikan pasangan hidup.

Sering Mengisolasi Diri

Karena memiliki perilaku aneh dan sering dianggap orang aneh, seorang wibu seringkali menutup diri dari lingkungan luar, dan lebih nyaman untuk berdiam diri di sebuah ruangan.

Sekalinya Pun keluar, seorang wibu hanya akan datang pada sebuah ada acara-acara festival Jejepangan atau menjadi seorang cosplayer.

Akibant hal tersebut, seorang wibu biasanya dicap sebagai nolep yang berasal dari kata No Life, atau lebih enak disapa dengan tidak punya kehidupan.

Istilah Wibu

Dilain arti dari wibu yang sudah dijabarkan di atas, wibu sendiri sering mengalami perkembangan dalam hal penamaannya. Salah satunya adalah Wibu Bau Bawang dan Wibu Psikopat, lalu apa sih maksudnya ?

Wibu Bau Bawang

Istilah Wibu bau bawang sendiri merupakan istilah yang dipopulerkan oleh seorang youtuber bernama Ericko Lim.

Bau bawang sendiri muncul dikarenakan para wibu in dianggap jarang mandi karena marathon anime selama berhari-hari, sehingga menghasilkan bau badan layaknya bau bawang.

Wibu Psikopat

Ada simpang siur akan asal mula dari kata wibu psikopat sendiri.

Akan tetapi asal mula dari kata “wibu psikopat” muncul sebagai respon terhadap orang-orang yang mengejeknya, mereka akan bilang bahwa mereka akan melakukan hal-hal yang tak wajar.

Ya istilah ini sendiri mulai bangkit ketika muncul anime Tokyo Ghoul, yang merupakan anime sadis dan menganggap bahwa karakter utama adalah dirinya.

Apa Itu Otaku ?

Jadi Otaku sendiri merupakan istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang terobsesi dan benar-benar menyukai suatu hobi yang sangat disukainya.

Salah satu contoh kasusnya ialah dimana kamu suka akan sebuah serial anime, dan mulai mencoba mencari tahu hal apa saja yang baru tentang anime tersebut.

Seperti membaca manga, menonton live action maupun sesuatu yang masih berhubungan dengan anime tersebut. Lama kelamaan hal tersebut menjadi hobi kalian. Dari situlah kalian bisa disebut dengan Otaku.

Ciri Ciri Otaku

Obsesi Terhadap Hobinya

Kesimpulan dari diatas adalah bahwa seorang otaku adalah orang yang terobsesi akan suatu hal. Begitulah anggapan dari orang-orang Jepang akn istilah yang dimaksud tersebut.

Gemar akan Anime atau Hal Spesifik

Bukan semata-mata bahwa menyukai anime adalah otaku sih, bisa saja jika kamu menyukai sebuah game atau manga juga bisa dianggap bahwa kamu adalah otaku.

Paham Akan Sesuatu Hal Tertentu

Obsesi selamanya tidak jelek. Dikarenakan sangat mendalami hobinya, otaku sering dianggap sebagai orang yang memiliki pengetahuan mendalam mengenai suatu hal tertentu, entah itu game, anime, manga, komputer, maupun hal lainnya.

Asyik Dengan Dunianya Sendiri

Entah karena obsesi atau gairahnya terhadap hal-hal yang spesifik atau kadang tampak seperti tidak bisa membedakan yang mana fiksi dan fakta.

Walaupun Seringkali dipandang sebelah mata oleh lingkungannya, otaku sendiri terlihat sangat menikmati hidup mereka karena sangat menggemari akan hobi mereka.

Memiliki Impian Untuk ke Akihabara

Menjadi impian dan juga “surganya otaku”, distrik elektronik Tokyo ini memang sangat kental akan ciri-ciri otaku.

Akan tetapi, untuk sekarang wilayah yang bisa dikunjungi oleh otaku semakin lama semakin banyak.

Susah Untuk Menabung

Dikarenakan kegemarannya terhadap sesuatu hal , seorang otaku tak segan untuk membelanjakan uang mereka untuk membeli hasrat dari hobinya itu.

Mulai dari pakaian yang mengikuti karakter 2D, maupun pernak pernik yang bisa dijadikan perlengkapan sehari-hari yang stylish.

Kesimpulan Perbedaan Wibu Dan Otaku

Nah sudah paham ? Atau malah tambah bingung?

Ok singkatnya adalah sebagai berikut :

  • Weeaboo atau Wibu adalah orang asing ( bukan berasal dari Jepang ) yang terlalu terobsesi dan mencintai Jepang dalam semua aspek, dan seringkali tidak memiliki rasa nasionalisme terhadap negaranya sendiri.
  • Otaku adalah Orang yang terobsesi atau sangat menyukai hal-hal tertentu secara spesifik, seperti anime, manga, game, film, atau hal lainnya.

Bisa dibilang begini juga, seorang weaabo atau wibu biasanya berasal dari seorang Otaku. Tapi tidak selamanya seorang otaku akan menjadi Wibu.

Leave a Comment